Artikel Seurune

Ciri-ciri Awal Sakit Jantung

May 24, 2011
Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang paling menakutkan didunia. Karena penyakit ini telah banyak merenggut korban jiwa tanpa kenal rasa ampun. Dengan menjaga pola hidup sehat, mudah-mudahan kita dapat terhindar dari penyakit yang sangat mematikan ini.

Ciri-ciri awal orang yang mengidap penyakit jantung sangatlah bervariasi, tergantung dari penyakit jantung apa yang dialami. Nyeri dada, seperti tertusuk, bisa saja merupakan ciri serangan jantung koroner akut.

Namun, tidak di semua tempat di area dada dapat dianggap sebagai serangan jantung akut. Tentunya ada tempat tertentu dan sering kali tidak hanya rasa seperti tertusuk. Bisa juga gejalanya disertai dengan rasa yang menjalar ke lengan, punggung, disertai keringat dingin, rasa berdebar-debar seperti tertekan benda berat, dan beberapa gejala lainnya.

Perlu diingat bahwa, nyeri pada area dada belum tentu itu gejala awal penyakit jantung, bisa saja nyeri tersebut terjadi karena penyakit otot dada. Alangkah bijaknya bila anda segera memeriksa ke dokter.

Pada penyakit jantung yang disebabkan gagal jantung tentu cirinya berbeda, bahkan bisa jadi tidak ada nyeri dada sama sekali dan dapat didominasi oleh rasa sesak napas, tidur tidak bisa telentang, kaki bengkak, tidak kuat berjalan jauh, dan masih banyak lagi.

Pada usia muda, sangat jarang terjadi insiden serangan jantung atau gagal jantung. Namun, bukan tidak mungkin apabila  gaya hidup dan perilaku yang tidak sehat dapat memicu penyakit jantung datang pada usia tua.


0 Komentar Dari Sobat:

Berikan Setetes Komentar Anda Untuk Artikel Sederhana Ini

Secoret komentar sobat menjadi penyejuk untuk jiwa blog ini ^^